Kamis, 05 Januari 2012

Cara Monitor Gempa Bumi Di Seluruh Dunia


Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang sangat mematikan, dan lebih ngerinya lagi bencana alam ini adalah bencana yang datang tanpa adanya tanda-tanda awal sebelum terjadi sehingga biasanya memakan korban yang sangat banyak. Jika Anda adalah seorang yang berminat untuk melihat dan monitor terjadi nya gempa di seluruh dunia, dari lokasi sampai besaran skala Richter nya, anda bisa coba aplikasi komputer yang satu ini.

Aplikasi ini bernama Earthquake 3D, ada 2 versi yang di sediakan, yaitu Free dan Enhanced (berbayar). Yang Enhanced sudah tentu di lengkapi dengan beberapa fitur yang tidak terdapat di versi gratis-nya. Untuk detail-nya Anda dapat membaca-nya di situs resmi mereka. Anda juga bisa mengunduh file aplikasi-nya di situs tersebut.

Data dari Earthquake 3D dapat di percaya, karena mereka mengambil data dari United States Geological Survey’s (USGS).

Penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah, berikut langkah yang perlu Anda ambil:

  1. Ambil file aplikasi nya.
  2. Setelah proses download selesai, mekarkan file tersebut, karena file aplikasi berekstensi .zip.
  3. Lalu klik ganda file EQuake3D.exe.
  4. Aplikasi akan langsung terbuka.
  5. Anda akan melihat dua form yang terbuka, yaitu gambar bumi dan form panel.
  6. Secara default, Anda tidak akan menjumpai pulau Indonesia (menyedihkan ya…), untuk memunculkan peta negara kita yang tercinta ini, anda perlu memberi tanda centang Island di group SURFACE.

Lokasi gempa di tunjukan dengan lingkaran-lingkaran, juga Anda dapat melihat ukuran besaran gempa-nya juga. Kita juga dapat memfilter data gempa menurut MAG (besaran gempa) dan waktu terjadi-nya.

Cukup menarik bukan?

0 komentar:

Posting Komentar